3. Perangkat lunak komputer

Hello

komputer tidak akan pernah lepas dari Perangkat lunak atau software. karna software berfungsi sebagai penerjemah  untuk menjalan kan semua intruksi yang di input kan ke dalam komputer.
kali ini kita akan membahas tentang  Pengertian Perangkat lunak komputer atau software, Manfaat Perangkat lunak , Jenis-jenis Perangkat lunak.
oke langsung saja ke pembahasan nya :v



A. Pengertian perangkat lunak komputer / software

     
     Software adalah sekumpulan data yang di simpan ke dalam komputer,  data yang di simpan itu berupa instruksi atau sebuah program yang akan menjalan kan suatu printah. oleh karna itu software merupakan penerjemah perintah-perintah yang di jalan kan oleh pengguna komputer.

B.  Fungsi Perangkat lunak / software 


     ada beberapa macam fungsi software seperti :



  • Sebagai memproses intruksi data hingga dapat menjalan kan sebuah perintah
  • Sarana interaksi yang menghubungan kan user dengan hardware
C.  Jenis-Jenis Perangkat lunak / Software

1. Freeware

Image result for gambar firefox

Yaitu sebuah perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa adanya batas waktu, pada umumnya freeware ini disumbangkan kepada beberapa komunitas, tetapi freeware juga memiliki hak pengembang dan pengontrol dalam pengembangan pada aplikasi selanjutnya. Namun jika aplikasi pengembang berhenti mengembangkan produk kepada freeware lain ataupun mengumumkan freeware tersebut agar dapat dikembangkan bersama-sama, maka freeware akan memberi kode sumbernya .

2. Shareware

Merupakan suatu perangkat lunak yang uji cobanya diberikan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas seperti misalnya ketersediaan, fungsinya, serta kenyamanan yang sayangnya tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Perangkat lunak uji coba ini bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut sebagai strategi marketing dalam pengembangan aplikasi shareware itu sendiri. Shareware ini sering disebut juga trialware.
3. Firmware

 pengertian firmware
Yaitu sebuah perangkat lunak yang letaknya berada pada ROM (Read Only Memory). Firmware ini tidak dapat berubah walaupun sudah tidak dialiri oleh listrik, dan tempat penyimpanannya pun tidak dapat diubah di ROM namun tetap bisa dimodifikasi tergantung dari jenis ROMnya seperti EEPROM atau flashROM. Semua itu masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhannya.

4. Commercial software

Image result for gambar photoshop
Yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada para pengembang software, pendistribusi dan kepada rekan-rekan sesama pengembang software. Tetapi syaratnya, pengguna software ini tidak dapat menyebarluaskan software tersebut atau membagi ulang softwarenya kepada pihak lain secara gratis atau tanpa izin penerbitnya. Beberapa contoh commercial software adalah adobe photoshop, corel draw, microsoft visual NET, dan sebagainya. Commercial software tersebut sudah dlindungi oleh Undang-Undang hak cipta.

5. Free software

See the source image
Adalah jenis perangkat lunak yang dapat diutak atik dengan bebas dan dapat digunakan, disalin, diubah serta dimodifikasi dengan beberapa ketentuan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna selanjutnya. Setiap orang yang menggunakan perangkat lunak ini secara bebas dapat mengkomersialkan serta mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya. Selain itu, software ini juga dapat disebarluaskan secara gratis.

6. Open source software

Image result for gambar linux
Merupakan perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dipelajari, diubah, ditingkatkan, dan juga disebarluaskan. Karena sifat software yang satu ini terbuka, sehingga pengembangan yang dilakukan oleh suatu komunitas atau kelompok terbuka dapat mengembangkan perangkat lunak dengan sumber terbuka.

7. Malware

Image result for gambar malware
Malware adalah Salah satu perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem pada komputer dan jejaring komputer tetapi tanpa izin dari pemiliknya. Kata lain dari malware ini adalah virus komputer, jenis-jenis perangkat yang terdapat pada virus komputer ini yaitu kuda troya, perangkat iklan, cacing komputer, rootkit, dan perangkat lunak jahat lainnya.


Sekian yang dapat saya sampai kan , semoga bisa menambah pengentahuan kalian :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

2. Internet